RSS

TEKNIK DAN MANAJEMEN INDUSTRI PERTANIAN


Program studi Teknik Pertanian memiliki keunikan karena memadukan ilmu keteknikan atau engineering sekaligus pertanian. Dengan berdasarkan ilmu keteknikan ini mahasiswa dapat melakukan perencanaan, merancang, membangun dan mengelola suatu alat dan mesin, bangunan, sistem pengairan dan konservasi tanah-air, proses pengolahan, dan sistem di bidang pertanian.

Dalam kegiatan belajar mahasiswa dapat mempelajari pengetahuan dan keterampilan dasar dan aplikasi ilmu pengetahuan dalam bidang teknik pertanian baik yang menyangkut kegiatan pra-panen dan pascapanen dalam perancangan mesin dan peralatan maupun prosesnya untuk menunjang pembangunan pertanian. Diharapkan dengan apa yang dipelajari selama kuliah, mahasiswa akan memiliki kemampuan untuk melakukan perencanaan / perancangan, manufakturing, pengelolaan, evaluasi kelayakan, dan supervisi dalam kegiatan keteknikan pertanian. Contohnya mampu merancang dan membuat: alat dan mesin, bangunan, sistem pengairan dan konservasi tanah-air, proses pengolahan, dan sistem di bidang pertanian, mampu mengelola alat dan mesin, sumberdaya alam, energi, dan sistem pertanian, dan mengendalikan proses pengolahan hasil pertanian dan lingkungan, mampu melakukan evaluasi kelayakan penggunaan alat dan mesin pertanian, bangunan pertanian, sistem pengairan, dan proses pengolahan, serta mampu merancang, melaksanakan, mengelola dan melakukan supervisi kegiatan keteknikan pertanian.

Untuk menunjang kegiatan perkuliahan, mahasiswa dapat memanfaatkan berbagai fasilitas yang tersedia yaitu berbagai laboratorium seperti sumber daya air, konservasi, alat mesin pertanian, instrumentasi, teknologi proses, sistem dan manajemen teknik pertanian, jaringan computer, koneksi internet hotspot ataupun kabel, workshop logam, kayu, dan rotan, kebun percobaan, rumah kaca dan rumah plastic, perpustakaan, dll. Program Studi Teknik Pertanian juga telah menjalin kerja sama yang erat dengan Departemen Pertanian, Departemen Peternakan, Balai Penelitian Tepat Guna LIPI, Kementerian Riset dan Teknologi, dan berbagai industri hasil pertanian serta usaha kecil menengah.

Usai menyelesaikan studi, mahasiswa dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang master dengan sejumlah pilihan program studi yang terkait seperti magister teknik geodesi, teknik sipil, teknik lingkungan, teknik industri, teknik mesin, teknik pertanian, teknik informatika, magister manajemen, dll. Peluang kerja bagi lulusan teknik pertanian juga terbuka luas, mulai dari Departemen dan Dinas Pertanian, Departemen Pekerjuaan Umum, Departemen Keuangan, BPK, LIPI, Balai Penelitian Teknologi Tepat Guna, Manajer dan Asisten Perkebunan, Perbankan, peneliti, wirausaha, dan masih banyak lagi lainnya.

 

2 responses to “TEKNIK DAN MANAJEMEN INDUSTRI PERTANIAN

  1. Maulana

    17/10/2010 at 12:13 AM

    mudah2an dpt berbagi informasi. TQ.

     
  2. Kacang Koro Pedang

    05/02/2012 at 6:49 PM

    saya habis membaca artikel di blog anda ini. sangat inspiratif dan mencerahkan. Thanks informasinya tentang pertanian.Mari kita majukan pertanian di indonesia.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: