RSS

Mahasiswa FTIP Unpad Luncurkan Dua Perusahaan, Instore dan RumahCemilan.com

24 May

REP | 24 May 2011 | 08:2352 0  Nihil


 oleh: Hera Khaerani  unpad.ac.id

[Unpad.ac.id,  23/05/2011] Mahasiswa angkatan 2008 Jurusan Teknik dan Manajemen Industri Pertanian (TMIP) Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Unpad, Senin (23/05) ini meluncurkan dua perusahaan baru yang didasari oleh mata kuliah Desain Produk di jurusan mereka. Kedua perusahaan tersebut adalah Instore (Innovations to Revolutions) dan rumahcemilan.com.

 Egi Madyagi saat mempresentasikan konsep RumahCemilan.com (Foto: Hera Khaerani)*

Dalam pre-event yang berlangsung pagi tadi di Bale Santika Unpad Jatinangor, disajikan pemaparan yang menyeluruh tentang segala aspek terkait Instore dan RumanCemilan.com. Instore sendiri merupakan perusahaan yang menawarkan inovasi panganan rendang yang dikemas dengan teknologi sterilisasi dan juga vacum dryer. Merk dagang yang digunakan produk rendang ini adalahOdangOding. Sementara itu, RumahCemilan.com merupakan bisnisonline yang menjual berbagai produk cemilan dari Jabar yang diproduksi usaha kecil dan menengah.

Egi Madyagi yang memaparkan penjelasan tentang rumahcemilan.com mengatakan bahwa hadirnya situs belanja tersebut diharapkan dapat membantu UKM yang selama ini masih terkendala pemasaran, pengemasan, dan sebagainya. “Kenapa online, itu karena mediaonline menawarkan pasar yang sangat luas,” jelas Egi tentang keuntungan memasarkan produk lewat media online.

Menambahkan apa yang dipaparkan Egi, Dwi Purnomo, STP., MT. salah seorang tenaga pengajar mata kuliah desain produk di FTIP pun menyatakan bahwa penggunaan mediaonline menjadi jawaban atas persoalan mahalnya biaya pemasaran produk. “Dengan mediaonline, kita bisa bekerja hanya bermodalkan seratus ribu rupiah per tahun,” sebutnya. Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa penggunaan media ini juga menjadi solusi dari banyaknya usaha mahasiswa yang kemudian harus tutup setelah lulus dan pindah ke luar kota.

Kendati biaya pemasaran bisa ditekan dengan pemanfaatan mediaonline, Dwi mengingatkan bahwa pembangunan jaringan adalah kunci dari berhasilnya bisnis semacam ini. “Jaringan itu lah yang mahal dan di situlah letak pentingnya ada acara semacam ini di mana mahasiswa bisa bertemu langsung dengan para pengusaha, komunitas, juga pihak pemerintahan,” katanya.

Hadir dalam kesempatan kali itu selain Dwi Purnomo, adalah Pembantu Dekan I FTIP Unpad, H. Totok Pujianto Ir.,MT., Aa Syafrudin Hasan, Sekjen Asosiasi Industri Kecil Makanan Minuman (AIKMA) Jawa Barat, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar, Ferry Sofyan, serta Toto Muhammad, Kepala Biro Bina Produksi Sekretaris Daerah Jabar. Mereka berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam Seminar “Memanfaatkan dan Potensi BisnisOnline Sebagai Strategi Pemasaran Bagi Produk UMKM dan Makanan Tradisional” hari itu.

Dalam sambutannya, Totok sempat menyampaikan harapakannya agar melalui kegiatan semacam ini, mahasiswa bisa belajar hal-hal yang mungkin tidak dipelajari di bangku kuliah. Selain diberi keleluasaan untuk berkreasi, ia percaya nantinya mereka akan menemukan berbagai persoalan yang bisa menjadi pelajaran berharga bagi mahasiswa, sambil mereka membantu para pengusaha industri kecil dan menengah.

Setelah seminar tersebut, acara Logic (Launching of Agriculture Industrial Company)bertema Make Your Life Full Colour With Food” ini pun dilanjutkan dengan acara utama peluncuran Logic di GOR Pakuan Unpad Jatinangor. Acara tersebut dimeriahkan dengan berbagai hiburan musik perkusi dan akustik, serta kontes komunitas di Unpad.

Ditemui sebelum seminar berlangsung, Ega Yudistira moderator seminar yang juga bagian HRD rumahcemilan.com mengungkapkan bahwa target mereka saat ini adalah untuk mencapai penjualan sebanyak tiga ratus produk per bulan, dengan jumlah kunjungan situs minimal seratus orang. Berbagai kerja sama dengan perusahaan jasa pengiriman dan perbankan juga sedang diupayakan untuk memudahkan layanan pesan antar baik di dalam kota maupun luar kota.

Saat ini terdapat tak kurang dari 26 produk makanan dan minuman khas Jabar yang dipasarkan melalui situs belanja tersebut, berkat kerja sama dengan AIKMA Jabar. Nantinya tentu saja variasi produk yang dijajakan akan semakin bertambah. Bila Anda tertarik untuk mengetahui produk-produk yang ditawarkan atau bahkan mulai memesan, silakan kunjungiwww.rumahcemilan.com. Kunjungi pula www.instore-corp.com untuk mengetahui lebih lanjut tentang rendang sapi Odang Oding. (eh)*

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: