RSS

STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) METHOD

24 Feb

Student Centered Learning (SCL) merupakan metode pembelajaran dengan karakteristik berpusat pada siswa. Metode ini memberikan otonomi dan pembelajaran yang lebih baik pada siswa. Pada SCL, siswa ikut serta dalam menentukan input materi, metode serta waktu pembelajaran dengan disetujui oleh administrator. Dosen berperan sebagai penunjang dan dapat menerima kritik/saran dari para siswanya.

Di Indonesia, SCL belum banyak dipakai. Metode yang dipakai di Indonesia cenderung Teacher Centered Learning (TCL) yang bersifat satu arah. Untuk menerapkan SCL (di Indonesia), perlu diperhatikan hal-hal berikut: – komitmen dari semua pihak, termasuk Depdiknas – pelatihan bagi para pengajar – sosialisasi untuk menyamakan visi tentang SCL dan menerima input dari masyarakat – penyusunan materi, misalnya lewat seminar, role play, debat, dll.

Materi harus disesuaikan dengan kondisi yang ada, agar penyampaiannya efektif – uji coba menyangkut pengajar, siswa, materi dan metode penyampaian – implementasi SCL selalu mempunyai hal-hal di bawah ini:

– sosialisasi materi

– assessment (siswa bisa mengukur sendiri tingkat kemampuannya)

– interaksi antar siswa

– strategi penyampaian

– orientasi motivasi siswa

– pengawasan berkala

SCL dapat dinikmati oleh mahasiswa lewat e-learning yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja. Beberapa cara penerapan e-learning seperti di bawah ini: – pengajar sebagai penunjang. Siswa hanya bertanya jika perlu lewat media internet – adanya fasilitas pemberian kritik/saran – adanya fasilitas pemberian materi yang berbeda sesuai kelas/tingkat kemampuan masing-masing – siswa dapat merumuskan materi sendiri.

Semakin dilibatkannya seorang siswa, motivasinya dapat semakin meningkat. – website e-learning harus dapat diakses di mana saja dan kapan saja – siswa dapat mengukur kemampuannya sendiri – adanya forum diskusi bagi siswa – siswa dapat menambah materi dengan mendapat persetujuan admin.

 
2 Comments

Posted by on 24/02/2009 in MAKALAH

 

Tags: , ,

2 responses to “STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) METHOD

  1. redyPERSIB

    24/02/2009 at 10:25 PM

    GO TMIP!!!!!!!!:D

     
  2. riska rinstania

    13/07/2010 at 7:33 AM

    saya sangat tertarik sekali dengan scl mas. mungkin memiliki jurnal tentang scl mohon dapatnya saya dikirimkan ke email saya. terima kasih banyak

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: